Contradixie Gelar Pendampingan Riset Musim Kedua, Ini Detailnya

Contradixie, Berita – Contradixie: Buku dan Lingkar Diskusi-Riset berencana membuka Sanggar Riset musim kedua pada awal Maret mendatang.

Kali ini tema yang akan diusung adalah Maret-Riset. Berbeda dengan Februariset pada 2020 silam, Sanggar Riset tahun ini akan digelar selama 3 bulan, yakni sejak 11 Maret – 27 Mei 2022.

Maret-Riset menyasar mahasiswa-mahasiswa baik S1 atau pun S2 yang sedang ingin menerbitkan artikel jurnal, tetapi bingung langkah apa yang harus ditempuh.

Hanya saja rumpun keilmuan dalam program ini terbatas pada Sosial-Humaniora, seperti kajian teks keagaman, pendidikan, Islam, hukum, budaya populer, filantropi, politik, dan sebagainya.

Konsep umum

Maret-Riset akan berlangsung selama 3 bulan dengan 13 pertemuan intensif. Pertemuan di sini mencakup 2 model: miniseminar dan pendampingan.

Miniseminar akan diadakan sebanyak 3 kali, sedangkan pendampingan 10 kali. Dalam miniseminar, peserta akan berkumpul—dengan protokol kesehatan yang ketat tentunya—di pendopo untuk berdiskusi tentang aspek-aspek kunci dalam menulis artikel jurnal.

Adapun dalam pendampingan, peserta akan memiliki pendamping masing-masing yang akan menjadi teman diskusi sepanjang pengerjaan artikel.

Peserta akan mendapatkan pendamping sesuai dengan judul artikel yang ia angkat. Misal, judul artikel A adalah tentang Legal Pluralisme, maka ia akan mendapatkan pendamping yang kepakarannya di isu hukum.

Model ini dipilih untuk mengurangi adanya jarak isu yang membentang antara peserta dan pendamping, sehingga pendampingan akan berjalan santai dan bernas.

Tawaran unggulan

Ada beberapa alasan mengapa siapa pun penting mengikuti Maret-Riset. Pertama, mereka yang ikut program ini akan mendapatkan jaminan bahwa artikelnya akan dimuat di jurnal nasional.

Siapa pun berhak mendapatkan akses kemudahan, termasuk publikasi artikel jurnal dan di sinilah Contradixie: Buku dan Lingkar Diskusi-Riset mengabdikan waktu dan eksistensinya.

Kedua, peserta akan mendapatkan resume teori yang relevan secara gratis. Sebagian orang merasa sulit menulis artikel jurnal karena kesulitan dalam mencari teori yang sesuai, memahaminya, dan kemudian mengaplikasikannya.

Maret-Riset mencoba untuk melampaui persoalan tersebut dengan memberi ringkasan teori yang sesuai dengan kajiannya. Maksud dari memberi di sini mencakup membantu peserta mencari teori yang sesuai, membantu memahami, dan cara operasionalnya.

Tidak saja itu, yang ketiga, peserta pun akan dibantu dengan penuh khidmat untuk memahami sumber-sumber bacaan berbahasa asing.

Perkembangan keilmuan apa pun itu hingga hari ini masih berada di genggaman Barat—terlepas dari diskusi clash of civilization atau postcolonial ya­—ditulis dengan Bahasa Mereka, dan didiskusikan dengan Bahasa Inggris.

Jadi, ketika suatu artikel ingin satu langkah lebih update, maka solusinya adalah dengan langsung merujuk pada jurnal-jurnal dan buku berbahasa Inggris.

Di titik ini, Contradixie: Buku dan Lingkar Diskusi-Riset berupaya sekuat tenaga untuk membantu para peserta memahami sumber-sumber perkembangan keilmuan tersebut.

Kurikulum

3 miniseminar dan 10 pendampingan di atas memiliki muatan materinya masing-masing. Pada miniseminar ke-1, peserta akan diajak berdiskusi tentang distingsi riset akademik dan artikel jurnal, cara efektif menemukan judul dan gap riset, dan cara elegan menulis abstrak dan latar belakang.

Miniseminar ke-2 mencakup tema pendekatan, teori, novelty, kesesuaian isu, dan cara menyusun diskusi teoretis yang efisien dan bernas.

Pada miniseminar ke-3 kemudian peserta akan diajak untuk mengenali artikel yang baik, yang buruk, dan yang belum sampai ke level buruk.

Di tahap ini pun, peserta akan didampingi untuk membedah artikel jurnal internasional yang ditulis oleh peneliti besar, seperti Talal Asad atau Walid Saleh.

Adapun pendampingan, ia dibagi menjadi 2 periode: efektif dan pengembangan. Keduanya berbeda hanya dari segi waktu.

Di pendampingan periode efektif, peserta akan didampingi untuk menentukan judul, fokus, dan gap bagi yang belum memiliki atau menajamkannya bagi yang sudah punya.

Selain itu, peserta juga akan didampingi untuk menyusun abstrak dan latar belakang sekaligus mencari data-data penelitian yang relevan; menyusun diskusi teoretis; menemukan data-data tambahan untuk penajaman analisis dan kemudian menuliskannya menjadi satu artikel utuh.

Selanjutnya, di pendampingan periode pengembangan, peserta akan didampingi dalam kaitannya dengan pengayaan artikel jurnal peserta yang sudah jadi; pemilihan jurnal yang sesuai dengan tema risetnya; dan pendampingan peserta untuk mengirim artikel ke OJS jurnal.

Biaya dan pendaftaran

Siapa pun bisa mengikuti Maret-Riset hanya dengan IDR 735.000. Sejumlah ini pun peserta bisa mengangsur. Pendaftaran bisa dilakukan melalui [email protected] atau 081347288196 dengan pemilik nomor bernama Alfi.

Syarat dan ketentuan

a.    Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar Maret-Riset, kecuali semangat untuk publikasi artikel jurnal dan pengembangan keilmuan

b.   Jaminan terbit jurnal nasional berlaku ketika peserta serius dalam mengikuti kegiatan

c.    Keseriusan peserta dibuktikan dengan aktif hadir di pertemuan dan mengerjakan apa saja yang dihasilkan dari diskusi bersama pendamping

d.   Pembayaran bisa diangsur dengan uang muka minimal IDR 250.000

e.    Batas akhir angsuran: 23 Mei 2022  

 Catatan

a.    Miniseminar bertempat di Pendopo Hijau LkiS Sorowajan Yogyakarta

b.   Waktu pendampingan berkisar antara 1 – 3 jam

c.    Tempat dan jam pendampingan bisa menyesuaikan dengan pendamping masing-masing

d.   Jadwal pendampingan bersifat tentatif dengan catatan masih dalam kisaran yang sama, seperti diganti satu hari sebelumnya atau satu hari selepasnya

e.    Setelah 3 bulan proses pendampingan selesai dan ternyata ada artikel yang belum selesai, maka peserta tetap diperbolehkan untuk konsultasi, tetapi dengan mengganti biaya kopi dan makan siang sebesar IDR 25.000 per-pertemuan

Jadwal

Tanggal

Kegiatan

Keterangan

11 Maret 2022

Miniseminar ke-1

 

18 Maret 2022

Miniseminar ke-2

 

25 Maret 2022

Miniseminar ke-3

 

13 Maret 2022

Pendampingan I

Periode efektif

16 Maret 2022

Pendampingan II

23 Maret 2022

Pendampingan III

31 Maret 2022

Pendampingan IV

5 April 2022

Pendampingan V

12 April 2022

Pendampingan VI

17 Mei 2022

Pendampingan VII

Periode pengembangan

20 Mei 2022

Pendampingan VIII

24 Mei 2022

Pendampingan IX

27 Mei 2022

Pendampingan X

 

Tags

Post a Comment

0 Comments
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin